Selasa, 02 Maret 2021

Sosialisasi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal Untuk Masyarakat Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang Melalui Portal Citarumpedia

Oleh : Atep Afia Hidayat,  Muhammad Kholil dan Sonny Koeswara (Prodi Teknik Industri Universitas Mercu Buana). 

 

RINGKASAN 

Di Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang terdapat 59.267 rumah tangga (BPS, Kabupaten Karawang, 2020), yang tersebar di 13 desa. Lima desa dengan jumlah rumah tangga paling banyak berturut-turut Cibalong Sari (13.754 rumah tangga), Duren (9.782 rumah tangga), Gintung Kerta (4.848 rumah tangga), Curug (4.751 rumah tangga), dan Karang Anyar (4.591 rumah tangga). 

Keseluruhan rumah tangga tersebut selalu menghasilkan limbah yang berasal dari aktivitas sehari- hari, seperti mencuci piring, mandi, menyiram tanaman maupun dari kakus. Dengan demikian diperlukan IPAL untuk suatu kawasan, dengan pertimbangan kebersihan, kesehatan dan keamanan (fisik maupun alam). 

Dalam hal ini pengelolaan air limbah memerlukan sarana dan prasarana penyaluran serta pengolahan. Pengolahan air limbah permukiman dapat ditangani melalui sistem setempat (on site) ataupun melalui sistem terpusat (off site). Untuk pemecahan masalah rendahnya pemahamaan dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan limbah domestik serta pentingnya IPAL, maka dibuat Portal Citarumpedia (Kumpulan Berita dan Publikasi Sungai Citarum), sehingga dapat memberikan kemudahan untuk mengkases informasi dan publikasi Sungai Citarum, termasuk bagaimana mengelola limbah domestik dan kegunaan IPAL selama 24 jam. 

Tindak lanjut berikutnya ialah tahapan sosialiasi keberadaan Portal Citarumpedia, sekaligus memberikan pelatihan bagaimana cara mengakses aplikasi web tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Animasi 3D IPAL Komunal

Berikut tayangan video animasi IPAL komunal yang bersumber dari Channel YouTube IK Vidio :